Ilusi kemampuan mentarjih

Seseorang bisa dikatakan telah memiliki kemampuan mentarjih (yang itu merupakan bagian dari kemampuan ijtihad) jika dia bisa membela pendapat yang dia rajihkan tersebut dari segi ushul, dalil, dan wajhul-istidlal-nya. Dia juga harus mengetahui masalah-masalah apa saja yang dibangun di atas ushul yang sama dengan masalah yang sedang dibahasnya tersebut sehingga dia tidak terjatuh pada kontradiksi dalam berpendapat.

Adapun mendengar guru kita merajihkan sebuah pendapat lalu menerangkan alasannya kepada kita sehingga (katakanlah) kita bisa paham ushul, dalil, dan wajhul-istidlal di balik pendapat tersebut, maka ini tidak serta-merta menjadikan kita memiliki kemampuan mentarjih dalam masalah tersebut, karena pada hakikatnya kita sedang taqlid pada beliau. Tidak boleh bagi kita untuk mengesankan bahwa kemampuan mentarjih tersebut berasal dari kita, karena ini pada hakikatnya adalah berlezat-lezat dengan sesuatu yang tidak kita miliki.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

المتشبع بما لم يعط كلابس ثوبي زور.

“Orang yang merasa bangga dengan apa yang tidak dia miliki adalah seperti orang yang memakai dua pakaian kebohongan.”

Sebagaimana telah disebutkan di atas, kita baru bisa dikatakan memiliki kemampuan mentarjih jika kita mampu untuk membela pendapat yang kita rajihkan tersebut dalam debat ilmiah.

Sebelum kita mencapai level ini, maka yang kita anggap sebagai “kemampuan mentarjih” pada hakikatnya adalah taqlid kepada guru yang mengajarkan kepada kita tentang analisa tarjih beliau tersebut, dan ini bergantung pada guru mana yang kemampuan menerangkannya lebih bagus.

Andy Latief



Categories: Ushul Fikih

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s