20180615 - Eid at Small Heath ParkAda perasaan haru di dalam hati ini ketika kita bisa menyaksikan secara langsung bagaimana kaum muslimin bersatu pada satu tempat, untuk melaksanakan ibadah yang agung yaitu shalat ‘id, di hari yang agung yaitu ‘Idul-Fithri, setelah bulan yang agung yaitu Ramadhan.

Mereka bertakbir bersama, berdiri bersama, ruku’ bersama, dan sujud bersama.

Mereka tunjukkan kepada dunia bahwa Islam tidak mengenal diskriminasi warna kulit dan asal negara. Orang Indonesia shalat di sebelah orang Nigeria. Orang Bangladesh shalat di sebelah orang Sudan. Orang Arab shalat di sebelah orang Inggris.

Mereka bersatu dengan tanpa membawa panji negara mereka masing-masing. Tidak ada itu yang namanya Islam Arab! Atau Islam Inggris! Atau Islam Pakistan! Atau Islam Nusantara! Pada saat itu mereka tinggalkan sejenak kearaban mereka! Keinggrisan mereka! Kepakistanan mereka! Dan keindonesiaan mereka! Karena al-Qur’an mereka sama dan Nabi mereka sama!

Mereka tunjukkan kepada dunia ‘izzah dari Islam dan kaum muslimin. Dengan cara mewujudkan syi’ar Islam dan maksud syari’at di balik disyari’atkannya shalat ‘id.

Syaikh Abu Malik Kamal ibn as-Sayyid Salim hafizhahullah berkata,

وليعلم أن الهدف من الصلاة اجتماع المسلمين في مكان واحد، فلا ينبغي تعدد المصليات من غير حاجة في الأماكن المتقاربة كما نراه في بعض البلدان الإسلامية، بل قد أصبحت بعض المصليات منابر حزبية لتفريق كلمة المسلمين ولا حول ولا قوة إلا بالله.

“Untuk diketahui bahwa tujuan dari shalat ‘id adalah berkumpulnya kaum muslimin pada satu tempat. Maka, tidak boleh menyelenggarakan shalat ‘id pada beberapa tempat yang berdekatan jika tidak ada kebutuhan untuk itu, sebagaimana yang kami lihat di sebagian negeri muslim. Bahkan sebagian tempat shalat ‘id telah menjadi mimbar hizbiy untuk memecah belah kaum muslimin, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.” [Shahih Fiqh Sunnah, karya Abu Malik Kamal ibn as-Sayyid Salim, vol. 1, hal. 601.]

Menjadi bagian dari 140 ribu orang yang menghadiri shalat ‘id di Small Heath Park Birmingham, yang merupakan shalat ‘id terbesar di Eropa, adalah pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Semoga Allah menerima amalan ibadah kita semua.

Selamat Hari Raya ‘Idul-Fithri 1439 H. Eid Mubarak!

Andy Latief — @ Selly Oak, Birmingham, UK

Posted by Andy Latief

Kami adalah mahasiswa doktoral di Theoretical Physics Group, School of Physics and Astronomy, University of Birmingham, UK. Sebelumnya, kami pernah belajar di Departemen Fisika, Universitas Indonesia (jenjang S1), Department of Physics, University of Maryland College Park, US (jenjang S2), dan sebagai mustami’ di Ma’had Al-‘Ilmi, Yogyakarta.

One Comment

  1. Allaahu akbar! Jazaakallaahu khayran utk sharenya. Alhamdulillaah akhirnya almadury online kembali. Taqabbalallaahu minna wa minkum, baarakallaahu fiyk.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.